Senin, 17 Oktober 2011

RONNEY HARUS TETAP MASUK SKUAD INGGRIS


Gelandang tim nasional Inggris, Steven Gerrard, menilai Wayne Rooney harus masuk skuad yang akan tampil pada putaran final Piala Eropa 2012, meski akan absen pada tiga laga perdana.
Rooney akan absen karena hukuman skors, sebagai konsekuensi kartu merah yang diterimanya pada laga kualifikasi Piala Eropa melawan Montenegro, 7 Oktober silam. Menurut pemberitaan di Inggris, Pelatih Fabio Capello akan meminta Federasi Sepak Bola Inggris (FA) mengajukan banding.
Sejumlah kalangan menilai jika UEFA menolak banding FA, maka Capello harus mencoret Rooney. Namun, menurut Gerrard, apa pun keputusan UEFA, Rooney harus tetap masuk skuad.
"Bagiku, ia harus berangkat demi kemampuan yang ia miliki. Menurutku, ia pemain yang bagus dan Anda harus mengambil risiko dengan membawanya (ke putaran final). Sangat disayangkan, ia absen dalam tiga pertandingan. Semua orang terpukul dengan kejadian ini," ujar Gerrard.
"Kita perlu melihat siapa lawan kami pada fase grup. Seandainya kami lolos dari fase grup, kita tentu berharap pemain terbaik Anda ada di sana dan berusaha sebaik mungkin untuk membuat tim masuk final," tambahnya.

Siapa yang Bisa Gantikan Rooney?
Pelatih Inggris Fabio Capello harus rela tampil tanpa penyerang andalan asal Inggris, Wayne Rooney, dalam semua laga grup di Euro 2012. Risiko ini harus ditanggung Timnas Inggris pascasanksi larangan bermain dalam tiga pertandingan yang dijatuhkan UEFA kepada penyerang Manchester United itu.
Rooney yang ketiban sanksi setelah melakukan pelanggaran dan menuai kartu merah saat melawan Montenegro pekan lalu ini tentu akan membuat Capello pusing. Pasalnya, pelatih "Three Lions" itu sudah mengonfirmasi keterlibatan Rooney dalam 23 pemain intinya yang akan bermain dalam laga final di Polandia dan Ukraina pada musim panas mendatang.
Capello harus kembali bekerja keras mencari ujung tombak baru di lini depan Timnas Inggris. Impiannya untuk pemain yang telah mencetak tiga gol dalam babak kualifikasi buyar sudah.
Inggris sendiri memiliki jadwal pertandingan persahabatan sebelum Euro 2012 bergulir, yaitu melawan Spanyol pada 14 November, melawan Swedia tiga hari kemudian, lalu melawan Belanda pada bulan Februari mendatang.
Sunsport mencatat delapan nama pemain depan Inggris yang bisa dijadikan pengganti Rooney, yaitu Jermain Defoe, Daniel Sturridge, Danny Welbeck, Darren Bent, Andy Carroll, Bobby Zamora, Steven Gerrard, dan Ashley Young.
Defoe memiliki kans kuat untuk menggantikan posisi Rooney setelah tidak masuk dalam skuad pada pertandingan minggu lalu. Capello sendiri mengisyaratkan pemain Tottenham ini bisa memperoleh kesempatan itu. Penyerang Manchester United, Danny Welbeck, juga telah membuat Capello terpesona. Kemajuan permainannya mampu membuat pelatih asal Italia itu terkesan.
Gerrard juga diperkirakan bisa menggantikan posisi Rooney karena pengalamannya. Namun, Capello sendiri tampaknya terus mempertanyakan kebugaran pemain Liverpool itu karena kerap kali mengalami cedera.

1 komentar:

Posting Komentar